Tips & Trik

3 Tips Berbicara Kepada Anak Anda tentang Politik

Tidak apa-apa untuk berbicara dengan anak-anak Anda tentang politik. Sebenarnya, itu ide yang bagusjika Anda melakukannya dengan cara yang benar. Begini caranya.

Sebuah video “nyanyian” anak saya yang berusia tiga tahun, sebuah lagu yang dibuatnya tentang Bernie (Bernie Sanders adalah calon presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat yang berhaluan sosialis demokratik –ed) menjadi sedikit viral baru-baru ini. Pesannya mendapat banyak pujian di internet: “Bernie Sanders ingin kita membuat dunia lebih baik… segera!!”. Dia mengerti. Dunia perlu diperbaiki, ini mendesak, dan Bernie ingin membantu kita melakukannya.

Namun, beberapa orang komplain tentang cara pengasuhan anak saya. Seseorang berkata, “Dia jelas tidak cukup umur untuk memahami politik. Tidak perlu untuk diindoktrinasi paksa seperti ini.

Saya merasakan bahwa ini adalah penghinaan terhadap anak saya—dan tentu saja kepada semua anak. Namun, hal itu membuat saya berpikir: Berapakah usia Anda ketika memahami politik? Bagaimana Anda mendefinisikan politik?

Jika itu adalah naskah kebijakan lembaga think tank, strategi lobi, dan manuver politik di Capitol Hill, maka tentu saja, biarkan anak saya keluar dari situ (dalam memahami politik -ed). Namun jika itu adalah garis besar ketidakadilan di dunia, dan perlunya perjuangan untuk hal-hal menjadi lebih baik, maka kita membutuhkan semua orang, terutama anak-anak—yang sering memiliki pemahaman yang lebih jelas dan lebih memiliki banyak harapan akan kenyataan daripada kita.

Jelas ada banyak hal yang belum diketahui oleh anak-anak. Namun, anak-anak yang tumbuh di Suriah tahu lebih banyak tentang perang, tentang perbatasan, tentang distribusi sumber daya daripada yang seharusnya mereka ketahui—dan mungkin lebih memahami masalah-masalah itu dengan lebih jelas dan lebih jujur ​​daripada banyak orang dewasa yang telah dijauhkan dari kenyataan tersebut.

Anak saya sendiri, yang saya syukuri belum tahu tentang perang, suka berbicara banyak tentang bagaimana kita berusaha membuat dunia lebih baik. Secara khusus, dia bilang dia ingin hidup di dunia di mana orang tuanya tidak perlu terlalu banyak bekerja; di mana sekolah memiliki lebih banyak orang dewasa yang bisa memperhatikannya dan kawan-kawannya yang lain di kelasnya; di mana ia bisa menangis dan menjadi takut dan menjadi dirinya sendiri, tanpa harus disuruh menjadi “anak sukses.”

Kita akan membuat dunia lebih baik,” dia sering memberi tahu saya. Lalu dia akan menindaklanjuti dengan satu atau lain tujuan: “Kita akan memiliki lebih banyak kereta.

Dia melihat bahwa kita membayar semuanya. Dia melihat orang-orang meminta uang di kereta bawah tanah. Dan dia bertanya kepada kita tentang mereka. Akan jauh lebih membingungkan baginya jika kita berpura-pura tidak ada yang meminta perubahan dan tidak ada yang membicarakannya. Pesan implisit dari keheningan kami adalah bahwa itu baik-baik saja, dan jika dia tidak bisa memahaminya, itu hanya kebingungannya. Salah satu hal yang pertama kali dipahaminya tentang kampanye Bernie adalah bahwa Bernie berpikir “semua orang harus berbagi“—bahwa tidak adil ketika sangat sedikit orang memiliki banyak hal, dan bahwa kebanyakan orang tidak memiliki hal-hal yang mereka butuhkan.

Saya telah menghabiskan bertahun-tahun sebagai aktivis, tetapi saya enggan untuk “berbicara politik” dengan anak saya, dalam upaya untuk membiarkan dia menjadi dirinya sendiri. Tetapi saya juga tidak ingin menghina kecerdasannya dengan mengasumsikan bahwa dia tidak dapat memahami, atau meremehkan kemampuannya untuk terlibat dengan dunia di sekitarnya.

Seperti yang ditulis EJ Dickson baru-baru ini untuk Rolling Stone, “Ada sejarah panjang tentang anak-anak dalam aktivisme, dengan banyak yang mempertaruhkan kesejahteraan mereka sendiri untuk menempatkan diri mereka di garis depan karena kepercayaan mereka,” dari anak-anak kulit hitam yang berbaris di Birmingham melawan segregasi sosial, melakukan pemogokan yang dilakukan oleh pekerja anak di sektor tekstil, dan para anak-anak yang melakukan pemberontakan di Ghetto Warsawa.

Ada terlalu banyak hal yang membuat kita mati rasa sebagai orang dewasa karena kita harus bergaul dengan baik di dunia ini. Kita membutuhkan orang-orang dalam gerakan kita yang belum sepenuhnya mati rasa, dan harapannya tentang perubahan belum dilenyapkan. Dalam banyak hal, gambaran mereka tentang dunia jauh lebih tidak jelas daripada kita. Inilah alasan mengapa kaum muda sekarang memainkan peran utama dalam gerakan keadilan iklim (climate justice).

Tentu saja ada perbedaan antara kontribusi anak berusia lima tahun dan sepuluh tahun dan enam belas tahun. Tetapi benang merahnya adalah bahwa kita membutuhkan semua ide dan hak pilihan mereka dalam pertarungan ini. Dengan itu, berikut adalah tiga tips untuk berbicara dengan anak-anak tentang politik.

  • Ikuti petunjuk mereka dalam hal yang ingin mereka bicarakan dan kapan

Ikuti apa yang membuat mereka bersemangat, apa pertanyaan yang mereka ajukan, dan apa pendapat mereka.

Anak saya yang berusia tiga tahun pertama kali terpesona oleh Bernie ketika ada sesi debat di Partai Demokrat saat saya makan malam. Saya menjelaskan bahwa orang-orang ini semua mempunyai ide berbeda tentang apa yang perlu kita lakukan untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik, dan bahwa saya menyukai laki-laki bernama Bernie Sanders karena dia mengatakan banyak hal yang masuk akal bagi saya.

Selama setengah jam berikutnya, putra saya memberi tahu saya tentang kandidat lain sepanjang debat. “Apakah kamu menyukai laki-laki itu?” Tanyanya ketika Cory Booker berbicara. “Tidak banyak,” jawab saya. “Mengapa? Apa yang dia katakan?“, ” Apakah kamu menyukainya?” tanyanya tentang Elizabeth Warren. “Yah, aku tidak berpikir apa yang dia katakan itu benar,” jawabku. “Kenapa tidak? Apa yang dia katakan? Apa yang benar?”. Kemudian Bernie akan berbicara. “Apakah itu Brownie Sander [nama yang diingatnya]? Apa yang dia katakan?“.

Pertanyaan-pertanyaan ini akan terus dan terus, dan saya menyadari bahwa dia belajar bahwa ada berbagai ide di luar sana, dan bahwa kita dapat memperdebatkannya. Dan bahwa ibunya lebih suka jenis penggerutu yang menggelengkan jarinya dan mengatakan yang sebenarnya tentang masalah di dunia.

  • Jadilah bijaksana tentang apa yang membuat hal-hal lebih jelas bagi mereka dan apa yang lebih dari yang bisa mereka tangani

Begitu banyak masalah dunia benar-benar menakutkan: anak-anak yang dikurung, dunia yang semakin panas, kekerasan polisi terhadap orang kulit berwarna. Banyak anak tidak memiliki kemewahan memetik dan memilih mana dari masalah ini yang ingin mereka pikirkan. Tetapi, sejauh Anda dan anak-anak Anda punya pilihan, manfaatkan itu untuk membantu mereka terlibat dengan dunia dengan kecepatan yang dapat mereka tangani. Tidak ada formula untuk ini. Tetapi sebagai orang dewasa, kita dapat melakukan yang terbaik untuk memperhatikan ketika mereka dengan bersemangat berpartisipasi dalam percakapan dan ketika mata mereka berkaca-kaca.

Ketika keluarga saya menuju ke pemogokan iklim (climate strike) bersama, anak saya cukup terkejut dengan gagasan protes—bahwa kita akan berkumpul dengan banyak dan banyak orang lain yang ingin berteriak bersama tentang hal-hal yang ingin kita ubah. Kami berbicara tentang bumi dan keperluan untuk merawatnya, dan bahwa saat ini itu tidak diurus dengan baik.

Ketika saya memulai pembicaraan tentang pemanasan global, saya segera mundur. Ekspresi wajahnya mengatakan kepada saya bahwa itu tidak dapat dipahami. Bukan karena saya masuk ke dalam ilalang ilmu pengetahuan (saya tidak tahu), tetapi karena ide itu terlalu menakutkan dan mengancam jiwa untuk dijatuhkan pada seorang anak berusia tiga tahun.

Saya berhenti di situ. Kami telah mengajukan pertanyaan tentang lingkungan, dan dia tertarik pada gagasan bahwa bumi adalah sesuatu yang tidak hanya kita jalani tetapi juga dijaga. Kami berbicara tentang seberapa bagus kereta itu karena itu berarti kita semua bisa menggunakannya bersama-sama dan tidak terlalu mengganggu planet ini. Ini hanya meningkatkan kecintaannya pada kereta. Lebih baik menyimpan hal-hal yang benar-benar menakutkan ketika dia lebih siap untuk menanganinya.

  • Kita sepenuhnya mampu membuat dunia lebih baik daripada sekarang

Semua masalah kita bersifat sementara dan sepenuhnya buatan manusia. Hal-hal yang benar-benar salah, tetapi penyebabnya terletak pada bagaimana sistem saat ini diatur, dan bukan pada sesuatu yang abadi atau intrinsik bagi umat manusia. Kami adalah bagian dari gerakan yang tahu kami bisa melakukan yang lebih baik. Membiarkan perspektif ini membingkai percakapan—bahwa banyak dari kita bekerja bersama untuk memperbaiki apa yang salah di dunia—membantu menjaga Anda dan anak Anda agar tidak tenggelam dalam keputusasaan.

Poin terakhir inilah yang membuat putra saya sangat bersemangat tentang Bernie. Ketika saya pulang dari mengumpulkan presiden sosialis pertama kami, putra saya bertanya tentang Bernie—tentang apa yang dia katakan, tentang mengapa saya menyukainya. Pertanyaan berlanjut. “Bagus,” aku menjelaskan, “Bernie ingin membantu memperbaiki hal-hal yang tidak berfungsi dengan baik sekarang.” “Seperti apa? Apa yang tidak berfungsi dengan baik?“Jawabnya. Dan kita berangkat (ke kampanye Bernie –ed).

Kampanye Bernie telah mengumpulkan dukungan kaum muda yang tak tertandingi. Anak-anak kecil juga memahami bahwa setiap orang harus memiliki cukup makanan, dapat pergi ke sekolah, dan mengunjungi dokter kapan saja mereka perlu. Yang benar adalah bahwa politik Bernie tidak terlalu memihak karena mereka adalah akal sehat bagi manusia dan rasa intrinsik kita tentang keadilan dan keadilan. Anak-anak mengerti ini. Jadi bicarakan dengan mereka tentang hal itu.

______________
Hadas Thier
Penulis
adalah seorang aktivis dan sosialis di New York, Amerika Serikat.

Tulisan ini dialih bahasan dan dieditori oleh Kinanti Revolusi. Sumber tulisan dari Website Jacobin dengan judul “3 Tips for Talking to Your Kids About Politics“.

________________________________
Jika
kawan-kawan hendak mengirimkan tulisan untuk dimuat di bukuprogresif.com, silahkan lihat syarat dan ketentuan ini.

Untuk mendapatkan email secara otomatis dari kami jika ada tulisan terbaru di bukuprogresif.com, silahkan masukan email anda di bawah ini dan klik Subscribe. Setelah itu, kami akan mengirimkan email ke anda dan silahkan buka dan konfirmasi.

Bergabung dengan 163 pelanggan lain

Related posts

Leave a Comment

× Ada yang bisa kami bantu?